10 Tempat Wisata di Porto, Portugal yang Paling Hits

10 Tempat Wisata di Porto, Portugal yang Paling Hits

Terletak di titik pertemuan Sungai Duoro dengan Samudra Atlantik di Portugal Utara, Porto telah menjadi kota dagang sejak awal berdirinya sebagai pos terdepan Romawi. Sebagai salah satu kota tertua di Eropa, kota ini juga menawarkan kekayaan atraksi budaya dan sejarah, termasuk distrik abad pertengahan yang baru saja direnovasi yang berbatasan dengan tepi laut yang indah. Contoh arsitektur barok yang indah juga tersebar di sekitar bagian kota yang lama.

Tur jalan kaki menawarkan cara yang bagus untuk menjelajahi kota, karena sebagian besar tempat wisata utama di Porto terletak berdekatan satu sama lain. Kontribusi Porto yang paling terkenal untuk budaya Portugis adalah anggur port, ekspor utama negara itu. Kunjungan ke Porto biasanya mencakup perjalanan ke gua anggur pelabuhan yang terletak tepat di seberang sungai di Vila Nova de Gaia.

1. Serralves Museum

Porto telah lama menjadi surga bagi seniman dan arsitek hebat yang mencari pekerjaan, tetapi baru pada abad ke-20 kota ini melahirkan gaya arsitektur uniknya sendiri. Apa yang disebut Sekolah Porto tahun 1950-an menginspirasi generasi arsitek, termasuk lvaro Siza Vieira, perancang Museum Seni Kontemporer di lembaga budaya Serralves. Bangunan minimalis dan taman di sekitarnya menarik pengunjung sebanyak pameran internasional yang dipamerkan di dalam dinding putihnya. Instalasi seni luar ruang menghiasi taman dan kebun yang indah.

2. Gereja Sao Francisco

Igreja de Sao Francisco abad ke-14 adalah contoh paling menonjol dari arsitektur Gotik di Porto. Awalnya bagian dari Biara St. Francis yang dibangun pada abad ke-13, gereja ini adalah satu-satunya bangunan yang selamat dari kebakaran pada tahun 1842. Pendakian curam dari tepi sungai membawa pengunjung ke fasad batu besar, yang dihiasi oleh jendela roset besar. Interior gereja diberi perubahan gaya barok pada abad ke-18 ketika hampir semua lorong, pilar, dan kapel ditutupi dengan ukiran emas berhias mewah yang menampilkan kerub, bunga, dan hewan.

BACA:  6 Destinasi Wisata Yogyakarta yang Instagramable

3. Casa da Musica

Ketika datang ke arsitektur kontemporer, Casa da Musica adalah daya tarik yang menonjol. Dirancang oleh arsitek Belanda Rem Koolhaas, rumah baru untuk Orkestra Nasional Porto dibuka pada tahun 2005 dengan pujian besar. Dengan desain inovatif di dalam dan luar, strukturnya telah diadopsi oleh kota sebagai landmark ikonik. Konser diadakan di aula hampir setiap malam sepanjang tahun, dengan pertunjukan mulai dari band rock dan artis solo hingga orkestra simfoni penuh. Tur berpemandu ke fasilitas ditawarkan setiap hari, dan paket khusus termasuk tiket masuk ke belakang panggung dan sampel anggur port gratis.

4. Katedral Porto

Orang tua raja pertama Portugal, Dom Afonso Henriques, dikreditkan dengan pembangunan Sé do Porto abad ke-12, tetapi katedral sebenarnya telah dibangun kembali dua kali selama berabad-abad. Menawarkan sejarah perubahan gaya arsitektur, rekonstruksi sekarang menjadi bagian dari daya tarik struktur terkenal ini. Dari jendela mawar Gotik dan biara hingga kapel barok dengan hiasan altar peraknya, katedral ini merupakan atraksi yang wajib dikunjungi bagi siapa pun yang tertarik dengan sejarah, seni, dan arsitektur. Sebuah tangga yang dihiasi dengan ubin keramik yang dicat mengarah ke tingkat kedua di mana jendela-jendela sempit menawarkan pemandangan yang mengesankan.

5. Jembatan Dom Luis

Ponte de Dom Luis I adalah yang paling terkenal dari beberapa jembatan yang membentang di Sungai Duoro. Dibangun pada tahun 1886, dirancang oleh Téophile Seyrig, seorang insinyur yang bekerja dengan Gustave Eiffel. Jembatan besi besar memiliki dek atas dan bawah, keduanya membawa lalu lintas jalan sampai tahun 2003 ketika bentang atas diubah untuk mengakomodasi sistem kereta api ringan. Jalur pejalan kaki di dek atas menawarkan pemandangan spektakuler serta rute jalan kaki langsung ke pondok anggur pelabuhan di seberang sungai di Vila Nova de Gaia.

BACA:  St. Moritz, Tempat Wisata Terhits di Swiss

6. Istana Bursa Efek

Terletak bersebelahan dengan Gereja Sao Francisco, Palácio da Bolsa adalah struktur Neoklasik besar yang dibangun di lokasi bekas Biara St. Francis. Didanai oleh asosiasi komersial Porto, istana ini dibangun sebagai bursa saham dan dirancang untuk mengesankan para pemimpin ekonomi Eropa. Beberapa arsitek mengerjakan bangunan itu selama hampir 70 tahun masa konstruksinya. Dirancang dengan gaya Moor oleh Gustavo Adolfo Gonçalves e Sousa, Ruang Arab adalah sorotan untuk setiap tur istana. Salah satu tempat wisata paling populer di Porto, ruang mencolok ini masih digunakan sebagai aula resepsi untuk tamu yang berkunjung hingga saat ini.

7. Livraria Lello

Seiring dengan inventaris lebih dari 60.000 buku, perpaduan gaya arsitektur Art Deco dan Kebangkitan Gotik yang meriah menjadikan Livraria Lello salah satu toko buku paling terkenal di Eropa. Dikabarkan telah memberikan inspirasi bagi penulis J.K. Rowling, yang bekerja sebagai guru bahasa Inggris di Porto saat menulis buku-buku Harry Potter, toko buku itu kini dikunjungi oleh para penggemar serial itu dari seluruh dunia. Selain buku yang mencakup setiap sudut dan celah, toko berusia seabad ini memiliki tangga heliks ganda, jendela kaca patri, dan kafe kecil di lantai dua.

8. Clerigos Tower

Kemeriahan Barok ditampilkan sepenuhnya di menara abad ke-18 Igreja dos Clerigos, atau Gereja Klerus. Dirancang oleh pelukis dan arsitek Italia Nicolau Nasoni pada tahun 1754, Torre dos Clerigos adalah landmark Porto dan atraksi yang tidak boleh dilewatkan. Menara berornamen ini menjulang setinggi sekitar 250 kaki (76 meter), menjadikannya salah satu struktur tertinggi di Portugal Utara. Pengunjung yang melakukan pendakian 255 langkah ke menara tempat lonceng bergantung akan dihadiahi pemandangan panorama kota dan muara sungai Duoro. Tur audio tersedia dengan biaya tambahan.

BACA:  5 Tempat Wisata di Sabang Paling Hits Buat Liburan

9. Ribeira

Banyak pelancong ke Porto memulai kunjungan mereka di Ribeira, distrik bersejarah abad pertengahan yang terletak di dekat Sungai Duoro. Di Praça da Ribeira, jalan-jalan berbatu yang sempit terhampar ke alun-alun yang indah di mana penduduk setempat dan turis bersantai di bawah sinar matahari dan menikmati pemandangan muara. Dengan banyak restoran dan kedai makanan lautnya, Dermaga Ribeira juga merupakan tempat berkumpul yang populer. Ini juga merupakan titik keberangkatan untuk kapal pesiar di sungai dan untuk naik perahu ke gudang anggur pelabuhan di Vila Nova de Gaia. Bagi mereka yang bepergian dengan berjalan kaki atau mobil, Cais da Ribeira juga menawarkan akses mudah ke Jembatan Dom Luis.

10. Vila Nova de Gaia

Sementara secara teknis kotanya sendiri, Vila Nova de Gaia terletak tepat di seberang Douro dari Porto dan dijalin ke dalam kain kota baik oleh serangkaian jembatan serta sejarah pembuatan anggur port bersama. Objek wisata paling populer di Gaia adalah Port Wine Cellars, gudang tempat penyimpanan anggur Port yang terkenal. The Cellars ditempatkan di Ribeira de Gaia, sebuah area kota yang terletak di tepi Sungai Douro di seberang Porto. Ribeira de Gaia juga memiliki beberapa restoran yang sangat baik, terutama di Cais de Gaia. Bahkan jika Anda tidak sedang mengunjungi ruang bawah tanah, Anda harus mengunjungi Ribeira the Gaia untuk mendapatkan pemandangan Porto yang menakjubkan.