Tempat Wisata

Beberapa Biara Misterius di Mongolia yang Wajib Anda Kunjungi

Salah satu tujuan wisata musim dingin terbaik Trans-Siberia adalah Mongolia. Mongolia juga baik untuk di kunjungi dengan mempelajari lebih lanjut tentang tradisi topeng Tsam dan misteri yang mengelilinginya. Saya juga ingin tahu bagaimana setiap biara Mongolia merepresentasikan topeng Tsam yang berbeda. Setiap biara memiliki topeng dan kostumnya sendiri, yang sering digambarkan oleh hewan atau makhluk burung yang menakutkan. Biara-biara sering mengadakan festival atau ritual tari, termasuk meditasi dan mitologi. Kadang-kadang hanya sedikit yang berpartisipasi, dan di lain waktu sekitar 100 orang.

Selama rezim komunis, banyak biara dihancurkan dan ribuan biksu terbunuh dalam prosesnya. Beberapa dari biara ini selamat, dan yang lainnya berhasil di selamatkan. Ini adalah beberapa yang saya kunjungi dalam perjalanan saya baru-baru ini.

Biara Khamar

Terletak di wilayah Gurun Gobi, Biara Khamar adalah satu-satunya biara Mongolia yang terkait dengan konsep suci Shambhala. Selama ratusan abad, biksu Buddha di Kumbun dan Gandan telah bermeditasi tentang Shambhala dan merenungkan arti sebenarnya. Itu disebutkan dalam naskah Buddha, Kalatshakra. Namun, masih belum jelas apakah tempat itu yang sebenarnya di bumi, yang Anda temukan hanya setelah meditasi mendalam, atau tidak hanya ada dalam realitas fisik kita tetapi juga dalam kehidupan kita sehari-hari.

Saya menemukan bahwa realitas kita dan legenda Shambhala hanya bertemu di biara Mongolia ini. Anda hanya dapat menemukan keduanya melalui meditasi yang mendalam. Ini adalah salah satu biara yang dihancurkan, tetapi dibangun kembali pada tahun 1990-an dan masih ditambahkan.

BACA:  10 Gunung Suci yang ada di Dunia

Biara Erdene Zuu

Saya juga mengunjungi Kharkhorin, di mana saya mengunjungi biara bersejarah lainnya. Ini awalnya menampung lebih dari 1.500 biksu dan 62 kuil di biara melingkar yang didirikan Avtai Khan. Sayangnya, seperti banyak bangunan lainnya, itu dihancurkan pada tahun 1930-an selama masa komunis. Itu dipulihkan pada tahun 1965 dan menjadi museum, yang sekarang menampung permadani, lukisan, dan ornamen bordir dari abad ke-15 hingga ke-17. Saya juga dapat melihat karya seni pelukis Zanabazar abad ke-17 yang dipulihkan dan manuskrip kayu lengkap dari periode waktu itu.

Biara Gandan

Sementara biara-biara lain dihancurkan, yang satu ini bertahan, jadi merupakan pengalaman yang berbeda untuk mengunjungi sebuah biara yang aktif dengan lebih dari 400 biksu berdoa dan menghadiri kebaktian. Biara ini adalah yang terbesar di Mongolia dan menampilkan patung Lord Magiid Janraising setinggi 25 meter yang mengesankan. Saat ini mencakup tiga kuil, Universitas Buddha Mongolia, dan beberapa perguruan tinggi lainnya, termasuk satu untuk Kedokteran dan Astrologi.

Pengalaman Budaya dan Agama Lainnya

Selain mengunjungi biara, saya juga menghadiri beberapa ritual tradisional Mongolia di Ulan Bator, yang menampilkan cerita rakyat dan mitologi. Mereka menampilkan tarian topeng Tsam, serta lagu nasional “Tumen Ekh”. Saya sangat menikmati kisah Buddhisme melalui tarian dan nyanyian dengan memakai kostum warna-warni mereka.

BACA:  10 Tempat Wisata di Lübeck, Jerman Terhits Dikunjungi

Bagaimana Anda Dapat Mengunjungi Biara di Mongolia

Kunjungi Mongolia, salah satu tujuan tur musim dingin teratas Trans-Siberia. Anda dapat melihat The Trans-Siberian Travel Company untuk penawaran terjangkau di wilayah ini. Setiap tur berlangsung sekitar lima malam, dan Anda dapat menyesuaikan tur saya sesuka saya.